Profil

BAB I
PENDAHULUAN

Pembaharuan di bidang kesehatan terus maju seiring dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin beragam, tahun 2013 DEPKES mencanangkan pencapaian MDGs dalam usaha memenuhi target SKN, dalam taraf meningkatkan derajad kesehatan. Ujung terdepan bagian kesehatan adalah puskesmas yang berusaha menggalang berbagai usaha kerja sama lintas sektoral dan lintas program untuk menjemput bola pelayanan kesehatan.Dalam setiap kegiatan  semua petugas turun ke masyarakat untuk promo mengenai produk kesehatan yaitu jasa pengetahuan tentang kesehatan dan informasi serta mendekati masyarakat untuk tahu apa yang dibutuhkan masyarakat tersebut. Data statistik kesehatan yang berasal dari ujung terdepan bisa kita dapat dari berbagai disiplin ilmu khususnya tenaga kesehatan di lini desa atau dengan kata lain penggunaan akses online lewat istilah EWARS (Early Warning Alert and Respon Sistem) atau sistem peringatan deteksi dini dan respon sistem yang terkomputerisasi. Pencapaian  kinerja  antar setiap petugas menjadi pekerjaan tersendiri bagi kepala puskesmas yang menjadi penggerak setiap program dimana diperlukan kesadaran bagi setiap petugas untuk kiat menjadi maju. Indek kepuasan masyarakat pengguna jasa kesehatan pun menjadi program unggulan sesuai visi dan misi yang dimiliki oleh puskesmas Dermolemahbang yaitu Kecamatan Sarirejo Sehat 2015 serta Misi mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga & masyarakat, menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan, memelihara & meningkatkan kesehatan perorangan, keluarga, masyarakat beserta lingkungannya selalu berupaya mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, dan masyarakat.
Puskesmas sebagai pusat penggerak, konsultan  atau mentor di bidang kesehatan bagi masyarakat,  berperan berdampingan dengan masyarakat sebagai pelaku perubahan dalam peningkatan derajat kesehatan. Penambahan sarana dan persiapan SDM bagi petugas puskesmas Dermolemahbang melalui seminar dan pelatihan pun sering dilakukan untuk memperbaiki semua aspek pelayanan. Tahun 2013 sarana pelayanan kesehatan mendapatkan bantuan rehab total berupa bangunan gedung sebagai tempat pelayanan masyarakat yang baru.Menyongsong tahun 2014 pemerinah pusat menggalakan pelayanan dengan model penjaminan oleh asuransi baik oleh ASKES, JAMSOSTEK, ASKESDA, ASKESKIN, JAMPERSAL, atau model urunan bulanan menurut kemampuan di masyarakat oleh badan yang ditunjuk oleh pemerintah
Pemerataan pelayanan kesehatan, pemerintah menggandeng berbagai unsur yang ada dimasyarakat khususnya yang berijasah formal misalnya dokter,    perawat, gizi, dan unsur kesehatan lainnya menjadi lembaga pelayanan kesehatan profesional dengan model pembayaran klaim kepada penyedia asuransi yang ditunjuk, sehingga semua lapisan masyarakat secara merata mendapatkan pelayanan. Surveilant yang menjadi harapan informasi yang akurat sangat dibutuhkan kerjasama lintas program dan kerjasama lintas sektoral,baik tingkat desa ataupun tingkat kecamatan sehingga menghasilkan suasana kerja yang kondusif dan berhasil guna mencetak informasi yang akurat dan terkini.peringatan akan kejadian penyakit yang luar biasa atau yang kita kenal dengan sebutan wabah bisa kita redam sekaligus  kita respon positif sehingga tidak sampai menjadikan kecacatan atau korban kematian.
Penyedia Profil Kesehatan Puskesmas memaparkan berbagai informasi yang bisa dilihat oleh siapa saja yang membutuhkan data tentang kegiatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Dermolemahbang sebagai bentuk keterbukaan informasi kepada masyarakat.
Untuk memudahkan pembaca, Profil Kesehatan Puskesmas Dermolemahbang disusun secara sistematis sebagai berikut :
-        Bab I         :     Pendahuluan
-        Bab II        :     Deskripsi singkat
-        Bab III      :     Situasi Derajat Kesehatan
-        Bab IV      :     Situasi Upaya Kesehatan
-        Bab V        :     Situasi Sumber Daya Kesehatan
-        Bab VI      :     Penutup

-        Lampiran Tabel  

Posting Komentar

0 Komentar