BAB I
PENDAHULUAN
Pembaharuan
di bidang kesehatan terus maju seiring dengan kebutuhan masyarakat Indonesia
yang semakin beragam, tahun 2013 DEPKES mencanangkan pencapaian MDGs dalam
usaha memenuhi target SKN, dalam taraf meningkatkan derajad kesehatan. Ujung
terdepan bagian kesehatan adalah puskesmas yang berusaha menggalang berbagai
usaha kerja sama lintas sektoral dan lintas program untuk menjemput bola
pelayanan kesehatan.Dalam setiap kegiatan semua petugas turun ke masyarakat untuk promo
mengenai produk kesehatan yaitu jasa pengetahuan tentang kesehatan dan informasi
serta mendekati masyarakat untuk tahu apa yang dibutuhkan masyarakat tersebut. Data
statistik kesehatan yang berasal dari ujung terdepan bisa kita dapat dari
berbagai disiplin ilmu khususnya tenaga kesehatan di lini desa atau dengan kata
lain penggunaan akses online lewat istilah EWARS (Early Warning Alert and
Respon Sistem) atau sistem peringatan deteksi dini dan respon sistem yang
terkomputerisasi. Pencapaian kinerja antar setiap petugas menjadi pekerjaan
tersendiri bagi kepala puskesmas yang menjadi penggerak setiap program dimana
diperlukan kesadaran bagi setiap petugas untuk kiat menjadi maju. Indek
kepuasan masyarakat pengguna jasa kesehatan pun menjadi program unggulan sesuai
visi dan misi yang dimiliki oleh puskesmas Dermolemahbang yaitu Kecamatan Sarirejo
Sehat 2015 serta Misi mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga &
masyarakat, menggerakkan
pembangunan berwawasan kesehatan, memelihara &
meningkatkan kesehatan perorangan, keluarga, masyarakat beserta lingkungannya
selalu berupaya mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan
perorangan, keluarga, dan masyarakat.
Puskesmas
sebagai pusat penggerak, konsultan atau
mentor di bidang kesehatan bagi masyarakat,
berperan berdampingan dengan masyarakat sebagai pelaku perubahan dalam
peningkatan derajat kesehatan. Penambahan sarana dan persiapan SDM bagi petugas
puskesmas Dermolemahbang melalui seminar dan pelatihan pun sering dilakukan
untuk memperbaiki semua aspek pelayanan. Tahun 2013 sarana pelayanan kesehatan
mendapatkan bantuan rehab total berupa bangunan gedung sebagai tempat pelayanan
masyarakat yang baru.Menyongsong tahun 2014 pemerinah pusat menggalakan
pelayanan dengan model penjaminan oleh asuransi baik oleh ASKES, JAMSOSTEK,
ASKESDA, ASKESKIN, JAMPERSAL, atau model urunan bulanan menurut kemampuan di
masyarakat oleh badan yang ditunjuk oleh pemerintah
Pemerataan
pelayanan kesehatan, pemerintah menggandeng berbagai unsur yang ada
dimasyarakat khususnya yang berijasah formal misalnya dokter, perawat, gizi, dan unsur kesehatan lainnya
menjadi lembaga pelayanan kesehatan profesional dengan model pembayaran klaim
kepada penyedia asuransi yang ditunjuk, sehingga semua lapisan masyarakat
secara merata mendapatkan pelayanan. Surveilant yang menjadi harapan informasi
yang akurat sangat dibutuhkan kerjasama lintas program dan kerjasama lintas
sektoral,baik tingkat desa ataupun tingkat kecamatan sehingga menghasilkan
suasana kerja yang kondusif dan berhasil guna mencetak informasi yang akurat
dan terkini.peringatan akan kejadian penyakit yang luar biasa atau yang kita
kenal dengan sebutan wabah bisa kita redam sekaligus kita respon positif sehingga tidak sampai
menjadikan kecacatan atau korban kematian.
Penyedia
Profil Kesehatan Puskesmas memaparkan berbagai informasi
yang bisa dilihat oleh siapa saja yang membutuhkan data tentang kegiatan
pelayanan kesehatan di Puskesmas Dermolemahbang sebagai bentuk keterbukaan
informasi kepada masyarakat.
Untuk
memudahkan pembaca, Profil Kesehatan Puskesmas
Dermolemahbang disusun
secara sistematis sebagai berikut :
-
Bab I : Pendahuluan
-
Bab II : Deskripsi singkat
-
Bab III : Situasi Derajat Kesehatan
-
Bab IV : Situasi Upaya Kesehatan
-
Bab V : Situasi Sumber Daya Kesehatan
-
Bab VI : Penutup
-
Lampiran Tabel
0 Komentar